Jumat, 25 April 2014

tugas b.indo pidato



Assalamua’laikum wr.wb
Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat  Allah SWT, yang telah memberi kita banyak nikmat, yang merajai hari kiamat, yang hanya karenanya kita sholat, dan  menjadikan kita sehat sehingga dapat berkumpul di tempat yang mudah-mudahan jauh dari maksiat. Sholawat serta salam semoga senantiasa tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, yang telah membawa kita ummatnya dari zaman kegelapan ke zaman yang terang benderang ini. Alhamdulillah… 
Saya berdiri disini akan menyampaikan pidato yang berjudul “Menuntut Ilmu”.
Ketahuilah saudara-saudara sekalian, bahwa mencari ilmu itu hukumnya adalah
wajib bagi kaum muslimin dan muslimat. Sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah  SAW didalam haditsnya:

“Mencari ilmu itu wajib bagi orang Islam laki-laki dan perempuan.”

 Kenapa Rasulullah SAW. Mewajibkan umatnya untuk menuntut ilmu ? Karena ilmusangat penting bagi kehidupan manusia di dunia ini. Dengan ilmu, kita bisa menundukkan seluruh makhluk Allah di dunia ini. Kita bisa menguasai gunung, bintang, bulan, langit, tumbuh-tumbuhan dan binatang buas sekalipun. Dengan ilmu pula kita bisa memimpin dunia, memimpin seluruh makhluk hidup. Dan dengan ilmu kita bisa menjadi makhluk yang terbaik di antara makhluk Allah SWT. Tetapi jika tidak berilmu, kita akan menjadi bodoh, tidak tahu apa-apa didunia ini dan pada akhirnya kita menjadi makhluk yang paling rendah.

Hadirin yang berbahagia !!! 

 Ilmu pengetahuan sangat penting dalam hidup ini, karena dengan ilmu pengetahuan kitaakan mendapatkan kebahagiaan baik di dunia maupun di akhirat. Sebagaimana sabda NabiMuhammad SAW bersabda:

“Barangsiapa yang menghendaki dunia maka hendaklah ia berilmu, dan barang siapa yang
menghendaki akhirat maka hendaklah ia berilmu dan barang siapa  yang
menghendaki keduanya, hendaklah ia berilmu.”

 (Al Hadits).Dari keterangan hadits ini kita bisa menyimpulkan, betapa pentingnya ilmu bagi kehidupan manusia. Karena itulah manusia akan tinggi derajatnya di sisi Allah, dan Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang berilmu ke beberapa tingkat (derajat). Sebagaimana Firman Allah dalam surat Al Mujadalah ayat : 11:

“… Niscaya Allah akan meninggikan orang -orang yang beriman dan berilmu pengetahuan
beberapa derajat.” (QS. Al Mujadalah: 11)

Karena ilmu pula yang membedakan manusia dengan hewan. Begitu pentingnya ilmu
bagi kehidupan manusia, Allah mengisyaratkan dalam Al Qur’an bahwa pada wahyu pertaa, kata yang pertama dipakai adalah kata IQRA’, yang artinya bacalah. Membaca adalah cara untuk mendapatkan ilmu, tanpa mau membaca seseorang sangat sulit mendapatkan ilmu.Sebagai manusia, kita memiliki akal atau intelegensi. Dengan akal inilah kita dapat mencari ilmu pengetahuan, yang mana akan menjadikan kita berbeda dengan binatang. Makhluk flora dan Fauna tidak mampu mencari ilmu, karena mereka tidak berakal. Itulah sebabnya manusia lebih unggul dari pada makluk lainya. Misalnya, manusia dapat menaklukkan semua makhluk di dunia ini seperti gunung-gunung yang besar, pohon-pohon raksasa, hewan-hewan buas dan lain-lain.Dapat kita bayangkan, jikalau kita tidak memiliki ilmu, maka kita akan sama derajatnya dengan makhluk lain, atau bahkan mungkin lebih hina. Menuntut ilmu tidak ada batasannya,meskipun sudah tamat SD/MI,SMP/MTs,SMA/Aliyah atau sampai Sarjana. Kita wajib menuntut ilmu dari buaian sampai keliang lahat. Sebagaimana sabda Nabi:

“Carilah ilmu sejak dari buaian sampai keliang lahat.”

Islam memerintahkan kita untuk mencari ilmu, selama nyawa masih dikandung badan.Tidak ada alasan untuk tidak mencari ilmu, karena dengan ilmu manusia akan bahagia baik didunia maupun di akhirat, hanyalah orang-orang yang tidak waraslah yang tidak mau menuntut ilmu.

Hadirin yang berbahagia ! 

 Demikianlah yang dapat saya sampaikan, mohon maaf apabila ada kesalahan kata.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar