Minggu, 09 Oktober 2011

MENGHORMATI ORANG YANG LEBIH TUA

Tuhan memerintahkan kita untuk menghormati orang tua. Tapi Tuhan juga memerintahkan kita menghormati orang yang lebih tua, siapapun itu.
Nah, jadi terhadap orang tua kita, maka itu ada 2 perintah, menghormati mereka karena orang tua kita, juga karena mereka  adalah orang yang lebih tua dari kita.
Penghormatan kepada orang yagn lebih tua tidak didasarkan :
1. Karena mereka saleh.  2. Karena mereka pandai  3 Karena mereka pemimpin 4. Karena mereka kaya 5 karena mereka terpandang/
Penghormatan kepada orang yang lebih tua, karena Tuhan memerintahkannya.
Apalagi kalau orang yagn lebih tua itu adalah pemimpin rohani kita, atau dulu orang yang menginjili kita.
Penghormatan itu ditunjukkan dengan :
1. kata-kata yang sopan
2.  Mimik wajah yang baik
3. Perilaku kita yang menghargai
4. Memberikan penghargaan
5. Tidak mencela
6. Tidak ngrasani
Salah satu tantangan bagi para pemimpin muda  adalah ketika menghadapi orang yang lebih tua dan mungkin itu dulu adalah pemimpin rohaninya tetapi sekarang pertumbuhannya nampak lebih baik dari pemimpinnya yang dulu.
Sang pemimpin baru berumbuh dengan cepat, baik dalam pengetahuan, kepemimpinan, dan pengalaman rohani. Namun dengan itu ia kecolongan dengan sikap tidak menghormati seniiornya.
Seniornya, juga pemimpin, nampak tidak terorganisir, tidak cerdas, tidak nampak punya iman, dengan demikian rasanya malah menghambat pelayanan. Karena itu sang pemimpin muda langsung sering mengambil alih kepemimpinan, mengabaikan, bahkan serign di depan orang lain tidak menunjukkan penghargaan kepada seniornya.
Kadang2 sang senior juga melakukan kesalahan ini dan itu. Membuat semakin sulit memberi respek.
Keadaan demikian sangat berbahaya. Sagn pemimpin muda, jika tidak merubah diri, sedang dalam perjalanan mengubur dirinya sendiri. Allah tidak bs memakai orang yagn tidak menghormati orang yang lebih tua, apalagi itu seniornya.
Kita perlu belajar menghormati orang yang lebih tua. Kalau di depan kita ada orang yagn lebih tua, bagaimanapun juga keadaannya, marilah kita segera menempatkan drii untuk menghormatinya . Mengapa ? Karena Tuhan memerintahkannya

SUMBER  : http://kesehatan.kompasiana.com/kejiwaan/2011/09/14/menghormati-orang-yang-lebih-tua/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar